Senin, 03 November 2014

membuat tombol pilihan di excel


Dalam beberapa Kasus, ketika Andari Bekerja DENGAN  Microsoft excel  akan LEBIH Mudah jika Andari menggunakan Tombol PILIHAN. Dan hati Kasus lainya Andari Harus menggunkan Tombol PILIHAN. Contoh PENGGUNAAN Tombol PILIHAN PADA microsoft excel misalnya ketika Andari MEMBUAT membentuk ATAU Andari MEMBUAT lembar kerja Yang didalamnya Terdapat beberapa piliha Yang Harus digunakan.

Tombol PILIHAN ATAU PILIHAN Tombol PADA  Microsoft Excel  2007/2010 terletak PADA Tab Kontrol Developer di grup. 

Biar TIDAK membingungkan langsung aja KE contoh  MEMBUAT Tombol PILIHAN, misalnya Andari akan berangkat KE Tempat kerja Andari DENGAN PILIHAN menggunakan Kendaraan Mobil motor ATAU Bus Maka ulasan untuk review MEMBUAT Tombol PILIHAN PADA  microsoft excel  Adalah SEBAGAI berikut:
  1. Dari contoh Kasus Diatas buatlah Format seperti berikut:


    Format Berdasarkan Diatas kitd akan mebuat  Tombol PILIHAN  ATAU  PILIHAN Tombol  PADA sel B4, B5  Dan  B6
  2. PADA  Grup Kontrol  di tab  Developer  klik  Insert  Dan Pilih Tombol PILIHAN ATAU  PILIHAN Tombol PADA  Formulir Kontrol.


    Kursor ATAU penunjuk tikus Berubah Menjadi Bentuk akan  + 
  3. Dalam keadaan penunjuk tikus berbentu    +, klik kiri PADA sel B4  Dan akan Muncul  Tombol PILIHAN  seperti gambar berikut:

    Hapus Keterangan  PILIHAN Tombol 1  KARENA TIDAK kitd butuhkan. Kemudian PADA arahkan tikus Lingkaran-Lingkaran Kecil PADA Bingkai Tombol PILIHAN tersebut Sampai Berubah Bentuk Dan sesuaikan Lebar Dan panjangnya DENGAN Yang Andari butuhkan.
  4. Jika Lebar Dan panjangnnya Sudah Disesuaikan, kopi pastekan Tombol PILIHAN tersebut KE sel  B5 Dan  B6, atur posisinya sehingga Menjadi seperti berikut:

  5. Tombol PILIHAN tersebut ketika diklik akan menghasilkan Angka Mulai dari 1. Maka Dari ITU Andari Harus menentukan Dimana meletakkan Angka tersebut ketika shalat Satu  Tombol PILIHAN  tersebut di klik. Misalnya Andari meletakannya akan di sel B7.
  6. Klik Kanan PADA shalat Satu Tombol PILIHAN tersebut kemudian Pilih  Format Pengendalian  sehingga Muncul kotak dialog seperti berikut kotak


    Lihat PADA  link Sel  Dan klik PADA   kemudian klik sel  B7  ATAU Andari Bisa mengetikkan Langsung. Akhiri DENGAN klik OK.
  7. Untuk menampilkan hasil temuan temuan PILIHAN, apakah menggunakan Mobil motor ATAU Bus, Bisa DENGAN menggunakan  FUNGSI IF  ATAU  FUNGSI Vlookup  (untuk review mempelajari PENGGUNAAN  FUNGSI IF  Dan FUNGSI VLOOKUP  klik Link PADA tersebut). Misalnya kitd akan menampilkan hasil temuan temuan PILIHAN kitd PADA Sel B9.
  8. Ketikkan  FUNGSI IF  berikut PADA sel B9   = IF (B7 = 1; C4; IF (B7 = 2; C5; C6)), Maka ketika kitd memilih Tombol PILIHAN ke-2 tampilannya akan Menjadi seprti berikut

Selamat Mencoba ... !!!